Batman Begins - Link Select 3 Blog sharing: Sejarah dan Perkembangan Tablet

Sunday, January 27, 2013

Sejarah dan Perkembangan Tablet


PC tablet, gadget yang sekarang sedang menjadi idola pada pemuja teknologi, ternyata menempuh perkembangan panjang, sebelum menjadi bentuk seperti yang kita kenal sekarang. Dan pioneer dari perangkat itu adalah dimulai pada tahun 1888. Sejarah PC tablet diawali dengan dibuatnya sebuah perangkat stylus listrik yang berguna untuk mengenali tulisan tangan. Adalah Elisa Grey yang memiliki hak paten bagi alat yang disebut teleautograph ini.
Kemudian di tahun 1945 Vannevar Bush mengenalkan sebuah perangkat bernama memex, yang bentuknya masih sangat besar, serupa meja. Alat ini akan secara otomatis merekam baik tulisan ataupun gambar yang dihasilkan oleh tangan sang operator.
Sejak tahun 1950-an, berbagai produsen mulai bereksperimen dengan teks elektronik, pengenal tulisan tangan dan perangkat tambahan untuk input digital. Penggunaan pertama dari pena stylus dalam perangkat komputasi adalah Styalator, yang dikenalkan oleh Tom Dimond pada tahun 1957. Pada tahun 1960-an dalam pertunjukan televise dan bioskop seperti Star Trek dan 2001: A Space Odyssey, telah diprediksi suatu perangkat tablet yang digunakan untuk berkomunikasi, kerja maupun entertainment.

Sejarah PC tablet berlanjut di tahun 1985 Percept dan CIC mengenalkan suatu computer PC yang menggunakan tablet dan pengenalan tulisan tangan, dan bukan dengan keyboard atau mouse. Tablet itu menggunakan system operasi DOS. Sementara tahun 1993 produsen asal Jepang, Fujitsu mengeluarkan PC tablet Poqet yang menggunakan LAN terintegrasi. Tak mau ketinggalan Apple Computer juga merilis Newton PDA atau MessagePad Apple, yang menggunakan pengenalan tulisan tangan dengan stylus.
Demikian juga IBM mengeluarkan ThinkPad, computer portable komersial pertama yang dijual untuk masyarakat umum. AT & T juga mengeluarkan EO Personal Communicator, yang menggabungkan PenPoint dengan komunikasi nirkabel. Tahun 1993 BellSouth juga merilis IBM Simon Personal Comunicator, yaitu sebuah ponsel analog yang menggunakan teknologi layar sentuh.
Pada tahun 2000-an Bill Gates mengenalkan sebuah prototype dari sebuah PC tablet. Oleh Microsoft perangkat itu didefinisikan sebagai pena computer. Tahun 2009 Asus mengumumkan sebuah netbook tablet yang sudah dilengkapi dengan layar multisentuh.
Dan di tahun 2010 beragam piranti tablet mulai membanjiri pasar. Apple mengenalkan iPad dengan Apple IOS, Samsung mengeluarkan Galaxy Tab dengan Android dan bModo meluncurkan bModo 12 dengan Windows 7 OS. Setahun kemudian Dell mengeluarkan Streak dan disusul Blackberry mengeluarkan Playbook.

No comments:

Post a Comment