Batman Begins - Link Select 3 Blog sharing: Bagaimana budaya mempengaruhi kehidupan kita

Friday, March 9, 2012

Bagaimana budaya mempengaruhi kehidupan kita

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.
Menurut Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, kebudayaan adalah sarana hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat. Menurut  J.J. Hoenigman, wujud kebudayaan dibedakan menjadi tiga: gagasan, aktivitas, dan artefak.
Secara singkat, yang dimaksud dengan ketiga hal tersebut:
Gagasan: sifatnya abstrak, misalnya ide dan gagasan.
Aktivitas: perilaku manusia itu sendiri. Sifatnya konkret.
Artefak: sifatnya konkret, misalnya benda-benda peninggalan yang dibuat manusia.

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang kebudayaan mempengerahui kehidupan kita. nama nya aja kebudayaan. Kebudayaan itu menurut yang saya pelajari adalah yaitu sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia sehingga dalam kehidupan sehari - hari kebudayaan itu bersifat abstrak. Kebudayaan itu mempengaruhi kehidupan kita misalnya kita berada di mana bukan tempat asal kita misalnya kita orang yang baru pindah atau baru menetap di daerah baru otomatis kita akan terpengaruh pada kebudayaan di tempat baru tersebut tapi kebudayaan yang tempat tinggal lama kita akan sedikit demi sedikit berkurang karena kita sudah terbiasa dengan kebudayaan di tempat baru yang di tempati sekarang.

No comments:

Post a Comment