Batman Begins - Link Select 3 Blog sharing: Pengantar Teknologi Game

Monday, April 14, 2014

Pengantar Teknologi Game

“Game” yang berarti permainan.
Computer game berbeda dengan jenis game yang lain karena tidak ada pergerakan secara fisik atau interaksi langsung dengan object kecuali lewat perantaraan komputer. Software yang dibuat harus dapat menangkap reaksi yang cepat dari interaksi yang dihasilkan dengan pemain. Karena itu software untuk computer games harus bersifat real time. Kompleksitas game adalah bergantung dari kemampuan merepresentasikan aturan dan lingkungan game dalam program yang dibuat.


Hal - hal yang dibutuhkan untuk menjadi pembuat game antara lain :

1.      Keinginan
2.      Daya Khayal
3.      Menentukan genre permainan, misalnya

    Berdasarkan genre permainannya :

-          Aksi – Shooting
-          Fighting ( pertarungan )
-          Aksi – Petualangan
-          Petualangan
-          Simulasi, konstruksi dan manajemen
-          Role playing
-          Strategi, game jenis ini terbagi atas :
        1. Real time strategy
        2. Turn based strategy
-          Puzzle
-          Simulasi kendaraan

    Kategori lainnya :

-          Multiplayer Online
-          Casual games
-          Edugames
-          Advergames

Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.

Software yang digunakan untuk pembuatan game, antara lain :

Game Maker
Merupakan aplikasi pembuat game paling populer karena bukan hanya enteng tapi aplikasi ini tidak membutuhkan pengkodean atau scripting yang membuat pusing. Aplikasi ini juga bisa ditambah script untuk pengguna tingkat lanjut. Untuk pemula, aplikasi ini memberikan tutorial disamping dan bisa anda ikuti. Membuat game disini enteng aja yang penting hanyalah kreatifitas.

Unity 3D
Aplikasi ini juga bisa dikatakan aplikasi pembuat game yang paling populer tapi beda jurusan sama Game Maker. Bila Game Maker untuk pembuat game yang tidak bisa scripting maka Unity 3D untuk pembuat game yang sudah mahir. Keuntungan ialah gamenya bergrafis bagus dan gameplaynya pasti cetar membahana tapi sayang, aplikasi ini membutuhkan script yang tentu saja repot.

RPG Maker VX
Aplikasi ini digunakan untuk membuat game bergenre RPG seperti harvest moon, digimon, dan sebagainya. Aplikasi ini cocok digunakan untuk membuat game berukuran kecil dan juga bisa untuk menambah kreatifitas. Tidak perlu takut karena aplikasi ini tidak membutuhkan scripting tapi aplikasi ini akan semakin menarik bila ditambah script. Sayang, aplikasi ini tidak bisa diubah wajah karakternya sehingga wajahnya tetap dan tak bisa diubah.

FPS Creator
Bila anda ingin membuat game seperti Point Blank, Counter Strike, Call of Duty, dll maka anda cocok memakai aplikasi ini karena memang dikhususkan untuk membuat game bergenre FPS ( First Person Shooter ). Sayang, grafiknya tidak sebagus game FPS yang populer tetapi bila anda kreatif, gameplaynya bisa mengalahkan grafik.

Adventure Maker
Bila anda masih kurang pintar dalam mengolah kode/script dalam game, maka aplikasi ini cocok buat anda. Hanya dengan membuat gambar kemudian memasukkan ke aplikasi ini maka anda bisa membuat game dengan mutu tinggi tergantung dari seberapa tinggi kreativitas anda. Aplikasi ini juga bisa membuat game yang cocok untuk platform PSP, Iphone, dll.

No comments:

Post a Comment