Batman Begins - Link Select 3 Blog sharing: ISD_Tugas 3

Friday, November 25, 2011

ISD_Tugas 3

Makro
Struktur sosial (makro) merupakan susunan atau konfigurasi dari unsur-unsur sosial yang pokok dalam masyarakat, yaitu kelompok,  kelas sosial,  nilai dan norma sosial, dan lembaga sosial.
Struktur sosial merupakan ruang abstrak dalam masyarakat, sebagaimana ruang geografi yang kita kenal dan lebih konkrit. Kalau dalam ruang geografi kita dapat mempunyai alamat geografik (titik posisi atau lokasi kita berada). Struktur sosial berfungsi sebagai penegas identitas yang dimiliki oleh sebuah kelompok. Kelompok yang anggotanya memiliki kesamaan dalam latar belakang ras, sosial, dan budaya akan mengembangkan struktur sosialnya sendiri sebagai pembeda dari kelompok
lainnya. Struktur sosial dalam masyarakat dapat dilihat dari beberapa sudut, dari sifatnyabentuk struktur sosial dibedakan menjadi struktur sosial kaku, struktur sosial luwes,struktur sosial formal, struktur informal. Dilihat dari identitas keanggotaan masyarakatnya bentuk struktur sosial dibedakan menjadi struktur sosial yanghomogen dan struktur sosial heterogen. Sedangkan dilihat dari sudut horizontal dan sudut vertikal struktur sosial dibedakan menjadi diferensiasi dan stratifikasi sosial.

Mikro
Individu merupakan unit terkecil pembentuk masyarakat. Dalam ilmu sosial, individu berarti juga bagian terkecil dari kelompok masyarakat yang tidak dapat dipisah lagi menjadi bagian yang lebih kecil. Sebagai contoh, suatu keluarga terdiri dari ayah, ibu, dan anak. Ayah merupakan individu dalam kelompok sosial tersebut, yang sudah tidak dapat dibagi lagi ke dalam satuan yang lebih kecil. Pada dasarnya, setiap individu memiliki ciri-ciri yang berbeda. Individu yang saling bergabung akan membentuk kelompok atau masyarakat. Individu tersebut akan memiliki karakteristik yang sama dengan kelompok dimana dirinya bergabung.



No comments:

Post a Comment